Roof Garden

17 Feb

Taman Atap Roof Garden

Seperti yang Anda tahu, saat ini bangunan di perkotaan begitu padat. Mereka yang tinggal di perkotaan sangat sulit menanam tumbuhan. Pasalnya, lahan di sana sangat terbatas. Namun, sebenarnya masih ada cara untuk membuat penghijauan, yakni dengan cara membuat taman atap rumah atau roof garden.

Roof Garden

Roof garden merupakan taman diatas atap rumah yang bisa dijadikan salah satu alternatif penghijauan di perkotaan. Sehingga daripada atap Anda kosong dan tak bermanfaat, lebih baik dijadikan taman atap untuk bercocok tanam.

Roof Garden

Namun, untuk membuat taman atap juga penuh perhitungan. Soalnya, taman atap tentunya membutuhkan tanah yang begitu banyak. Sehingga, kekuatan atap Anda harus diperkuat sebelum Anda membuat taman atap atau roof garden.

Kalau Anda tidak memperkuat dan asal membuat taman atap roof garden, maka sewaktu-waktu atap Anda bisa runtuh dan hancur. Pastinya Anda tak mau bukan hal ini menimpa Anda.

Oleh karena itu, lebih baik Anda memanggil seorang teknisi atau arsitektur untuk membangun taman diatas rumah. Kalau Anda mencoba membuatnya sendiri, tahapannya begitu panjang dan bisa menyita waktu Anda.

Roof Garden

Berikut tahapan cara membuat roof garden :

  • Harus melapisi atap menggunakan water proofing agar tidak terjadi kebocoran. Pelapisan membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda juga harus membiarkannya kering selama sehari agar lapisan benar-benar kuat.
  • Tak hanya itu, tahap selanjutnya harus menambahkan aci atau pelapisan semen. Proses ini memakan waktu hingga 24 jam
  • Kalau sudah ditambahkan aci, Anda harus memberi lapisan tambahan berupa lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextille)
  • Lalu, baru kita bisa memberikan tanah merah dan humus secukupnya. Bagian bawah tanahnya diberi ijuk atau cocopeat dengan ketebalan 10 cm untuk menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah. Usahakan kandungan pH tanah sekitar 5-7
  • Lapisan tanah teratas bisa ditanami rumput dan juga tanaman berakar serabut. Sebaiknya, Anda menghindari tanaman yang akarnya menghujam ke tanah seperti palem. Sebagai gantinya, Anda bisa menanam bunga seperti mawar, melati, tapak dara, dan juga bougainville
  • Membuat instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersihnya untuk menyiram tanaman, sementara instalasi air kotor untuk sisa pembuangan air ke talang air
  • Membuat pagar, agar anak-anak yang sedang bermain di atap tidak terjatuh ke bawah.
  • Struktur roof garden perlu diperhatikan. Yang perlu Anda ingat, atap Anda harus terbuat dari dak beton dengan kemiringan 20-30 derajat. Konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi diameter 8 mm. Sementara ketebalan lantai dak betonnya sekitar 2 cm untuk luas 50 meter persegi

Roof Garden

Memilih tanaman untuk ditanam sebagai taman rooftop tidak boleh sembarangan. Karakter tanaman dan tempat penanamannya perlu dipertimbangkan dengan tepat. Selain itu, perawatan tanaman juga harus diperhatikan. Dekorasi tanaman yang tepat akan menghasilkan taman atap yang indah.

Jika lahan tempat roof garden minimalis (terbatas), maka diperlukan kombinasi dalam pengelompokan tanaman. Pilihlah beberapa jenis tanaman semak berbunga pada sudut tertentu. Setelah itu, tambahkan satu tanaman perdu pada area tertentu untuk menciptakan gradasi ketinggian pada kumpulan tanaman semak tadi. Jadi, taman roof garden terlihat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *